Perlu Laptop? 7 Laptop Terbaik Sesuai Menemani Tugas Akhirmu!

7 Laptop Terbaik Sesuai Menemani Tugas Akhirmu!

Adleaks – Laptop terbaik untuk kuliah memerlukan lebih dari sekedar menemukan yang termurah di pasaran. Anda semestinya menetapkan sebagian hal sebelum memilih salah satu sehingga Anda mendapatkan notebook yang dapat memenuhi apa yang paling Anda butuhkan. Langkah awal yang secara khusus, Anda perlu memutuskan komputer jinjing yang dipilih kapabel memuat cara yang sanggup memenuhi perintah pantas bidang kerja Anda. Misalnya, seorang mahasiswa perfilman akan memerlukan laptop dengan spesifikasi lebih tinggi untuk melakukan proses tugasnya dibanding untuk mahasiswa yang perlu menulis jurnal. Anda tak dapat secara acak cuma mencari rekomendasi laptop 5 jutaan tanpa meriset keperluan yang Anda butuhkan.

Pertimbangan lainnya meliputi masa pakai baterai, portabilitas, jenis dan jumlah port yang cukup, kapasitas penyimpanan, serta fitur yang pas. Laptop terbaik cakap bertahan setidaknya hingga waktu lama sehingga tak wajib mengisi tenaga saat sedang dibawa-bawa. Selain itu, ini juga akan meringankan untuk dibawa-bawa dalam ransel tas sepanjang hari saat dibawa dari kelas ke kelas.

Laptop Terbaik untuk Pelajar

Dengan semua berbagai pilihan notebook di luar sana, mungkin akan sulit untuk memilih yang tepat. Di sini, Anda akan menemukan rekomendasi terbaik untuk menolong Anda menavigasi ke notebook yang paling layak untuk Anda. Anda dapat menemukan banyak anjuran mulai dari komputer jinjing murah sampai laptop tangguh yang dilengkapi dengan kartu grafis tangguh. Betapa lebih baik lagi apabila Anda membeli komputer jinjing dengan spek yang lebih tinggi dari keperluan Anda karena justru akan amat meringankan daya kerja cara. Simak sebagian rekomendasi di bawah ini hingga akhir!

1. Dell XPS 13 Plus

Laptop terbaik pertama datang dari salah satu produsen notebook terbesar ketiga di seluruh dunia yakni Dell. Merek asal Amerika ini meluncurkan salah satu jenis komputer jinjing tercanggihnya adalah Dell XPS 13 Plus dengan desain yang minimalis. Salah satu fitur yang menjadikannya unik ialah pada bagian touchpad-nya yang tidak memiliki batas dengan komponen palmrest. Notebook ini hadir dalam 2 opsi warna yang elegan yaitu Platinum dan Graphite. Laptop dimensi, laptop ini cukup ringkas dengan memiliki muatan 1,2 kilogram dan ketebalan kurang lebih 15,28mm. Terdapat dua port USB-C yang menunjang Thunderbolt 4. Dell XPS 13 Plus sengaja tak didesain dengan mempunyai audio jack sebab alasan performa. Notebook ini menjadi pelopor seri XPS 13 dengan prosesor 28 watt, 3 watt lebih besar dibanding seri sebelumnya. Kecuali temperatur konsisten dingin tanpa menaikkan noise, komputer jinjing ini didesain lebih besar dengan airflow yang 55% lebih baik.

Dell XPS 13 Plus dilengkapi dengan RAM 8/16/32GB LPDDR5 plus GPU Intel Iris X dan memori penyimpanan internal hingga 2TB PCIe Gen 4. Kecuali itu, tipe notebook ini didukung oleh konektivitas Wi-Fi 6E & Bluetooth 5.2. Kamera Dell XPS 13 Plus mempunyai resolusi  720p, melainkan sensor RGB dan inframerah didesain terpisah agar kualitasnya lebih baik. Perangkat ini memiliki 4 buah speaker yang 2 di antaranya disematkan pada keyboardnya yang membentang sepanjang badan notebook tanpa sisa ruang sedikit malah di masing-masing sisi kanan-kirinya. Kecuali baterai 55 WHr laptop mampu terisi 80% dalam pengisian selama cuma 60 menitan saja. Harga laptop Dell XPS 13 Plus berkisar di angka Rp 17 jutaan.

2. Dell XPS 17

Selain ragam 13 Plus, Dell juga merilis seri XPS lainnya dengan tipe 17. Komputer Jinjing ini menerapkan chip Intel® Core™ Generasi ke-11. Ini yakni chip yang dijadikan untuk membikin Anda konsisten dalam aliran kreatif Anda sehingga Anda bisa merasakan waktu yang Anda habiskan untuk membuat apa yang Anda sukai. Dengan 8 core dan 16 thread, Intel® Core™ Generasi ke-11 memberikan performa tingkat desktop untuk mensupport program kreatif yang intens (2D dan 3D). Konektivitas Wi-Fi 6 pada laptop ini membuat koneksinya secepat kilat dan download-an ataupun transfer file yang besar sekalipun menjadi lebih pesat.

Dell XPS 17 disebut memiliki spek laptop untuk desain grafis karena tersedia dengan grafis menempuh GeForce RTX™3060 dan menghadirkan akselerasi Artificial Intelligence (AI). Teknologi grafis GeForce RTX™ 30 Series pada notebook akan betul-betul membantu Anda berkreasi dengan lebih mulus dan profesional. Teknologi ini dibangun untuk mempercepat daya kerja metode dan didorong oleh platform NVIDIA® Bagus dari driver khusus. Jikalau Anda merender adegan 3D yang rumit, mengedit video 8K, atau streaming seketika dengan encoding dan mutu gambar terbaik, laptop GeForce RTX™ sanggup memberi Anda daya kerja yang terbaik. 

Kecuali Anda membutuhkan ingatan yang lebih cepat serta lebih banyak kapasitas penyimpanannya, Dell XPS 17 menjadi alternatif yang pantas. Sistemnya mampu melakukan booting dan melanjutkan operasi dalam hitungan detik berkat penyimpanan solid state drive sampai kapasitas 8 TB. Selain itu, dengan memori sampai 64GB pada 3200MHz, laptop ini mampu bekerja multitasking dalam waktu kencang bahkan pada aplikasi intens sekalipun.

3. Lenovo ThinkBook Plus Gen 3

Menjadi salah satu yang dievaluasi paling inovatif dalam daftar laptop terkini 2022, Lenovo ThinkBook Plus Gen 3 banyak diperbincangkan oleh para pengamat dan penggila perangkat teknologi. Komputer Jinjing ini menjadi notebook pertama yang hadir dengan layar sekunder.

Layar utamanya cukup besar dengan ukuran 17,3 inci dan aspect ratio 21:10, meski layar kedua berukuran 8 inci dan terletak di sebelah keyboard. Layar utama ThinkBook ini mempunyai refresh rate 120Hz dan resolusi 3K. Memiliki belum memakai panel OLED, namun komputer jinjing ini mempunyai ketepatan warna menempuh 100% DCI-P3 malah komplit dengan Dolby Vision.

Sementara itu, layar sekunder laptop ini juga sungguh-sungguh fungsional. Ketika resolusi 1280 x 800, Anda bisa menerapkannya untuk menjadi alternatif window yang kapabel membuka aplikasi, menjadi kalkulator, mirroring telpon pintar Android, sampai membuat catatan atau mengedit gambar dengan stylus. Fungsi mirroring sejauh ini masih dioptimalkan dan hanya dapat dijalankan dari telpon pintar cara Android dengan merek Motorola. Berikut adalah fitur lainnya dari laptop yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp 20 jutaan.

Prosesor: Intel 12th Gen Alder Lake H-series

Baterai: 70WHr (11 jam pemakaian, fast charging 100W)

RAM: 32GB LPDDR5 dual-channel

ROM: 2TB PCIe 4.0

Port:

  • 2 port USB-A
  • 2 port USB-C (salah satunya menunjang Thunderbolt 4)
  • 1 port HDMI
  • 1 Jack audio 3,5mm

Fitur lainnya:

  • Webcam full HD + sensor infrared untuk Windows Hello
  • Sensor sidik jari untuk opsi pengaman

4. HP Chromebook X360

Pada ketika beberapa besar merek laptop lain mulai meninggalkan Chromebook, HP hadir kembali dengan membawa standar untuk sistem operasi Chrome yang ramah laman Google. Merek ini menghadirkan varian Chrome OS pada seri X360-nya dengan 2 varian menurut ukuran layar adalah 14 inci dan 12 inci. Dengan berat sekitar 1,35kg, laptop ini terbilang cukup ringan dan proporsional untuk dimasukkan ke dalam tas. Engsel yang mengaitkan layar ke keyboard sangat kokoh dan memungkinkan layar berputar 360 derajat penuh. Dikala layar diputar sampai posisi keyboard berada di belakang, keyboard akan dimatikan dan layar akan berfungsi dengan layar sentuh layaknya tablet. Dikala disulap menjadi tablet, layar laptop ini juga kompatibel dengan pengaplikasian stylus. Komputer Jinjing hal di bawah ini menjadi spek dari HP Chromebook X360.

Layar Chromebook seri ini memang bukan yang terbaik atau paling jelas dari laptop keluaran HP, namun speakernya cukup pantas untuk Anda menonton Netflix atau YouTube ketika bepergian. Pada seri X360 yang lebih baru yakni HP Chromebook X360 14c (2021), komputer jinjing ini dibanderol dengan harga menempuh Rp 9,49 juta dan memiliki spek setidaknya seperti berikut ini.

Prosesor: Intel Core i3-1115G4

RAM: 8GB

ROM: 128GB

Port:

  • 2 port 3.1 USB Type-C (keduanya bisa untuk mengisi daya baterai)
  • 1 port 3.0 USB Type-A
  • 1 slot kartu microSD
  • 1 Jack audio 3,5mm

5. RedmiBook 15

Mencari rekomendasi laptop 7 jutaan Rupiah yang mempunyai spesifikasi benar-benar bagus? RedmiBook 15 bisa menjadi jawaban paling tepat. Dengan layar seluas 15,6 inci dan berat 1,8kg, laptop ini akan terasa nyaman untuk dibawa-bawa. Berkat prosesornya yang super pesat, segala performa laptop ini akan terasa betul-betul mulus dan cepat pula. Notebook ini juga pantas untuk melakukan video conference dengan dukungan webcam HD yang terintegrasi dan resolusi layar Full HD 1080p. Berikut spek RedmiBook 15 yang perlu Anda kenal.

Prosesor: Intel Core i3-1115G4 Dual Core clock up to 4.1 GHz

Konektivitas: Bluetooth 5.0, WiFi 802.11ac 2.4/5 GHz

Baterai: 46Wh Li-ion

RAM: 8GB DDR4

Storage: SSD 256 GB

Layar: IPS LCD, 15.6 inci Full HD 1920 x 1080 pixel

Grafis: Intel UHD Graphics

Keyboard: Full Size with key travel 1.5 mm

Port: HDMI 1.4, USB 3.2, LAN RJ45, audio jack 3.5mm

Speaker: Stereo 2W with Audio DTS

Webcam: HD 720p

6. HP Pavilion 14-CE3011TX

Satu lagi notebook keluaran The Hewlett-Packard Company atau yang lebih dikenal dengan singkatan merek HP dengan spesifikasi canggih, ialah HP Pavilion 14-CE3011TX. Notebook satu ini mempunyai muatan 1,6kg, terbilang cukup ringan sehingga nyaman untuk dibawa ke mana-mana. Komputer Jinjing ini dijual dengan harga kurang lebih sekitar Rp 11 jutaan sehingga masuk ke dalam laptop dengan klasifikasi menengah ke atas. Walau demikian, harga hal yang demikian tentu masuk logika apabila diperbandingkan dengan spek yang didapat pembeli. Dilengkapi layar 14 inci dan resolusi Full HD sebesar 1920 x 1080 pixel, laptop juga memiliki fitur anti silau yang membikin mata Anda nyaman saat bekerja dalam penerangan tertentu. Berikut ini sebagian spek dari HP Pavilion 14-CE3011TX yang bisa Anda pertimbangkan.

Layar: micro-edge IPS BrightView LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi full HD 1920 x 1080 pixel, 45% NTSC colour gamut, anti-glare

Prosesor: Intel Core i5-1035G1 quad-core 1GHz TurboBoost 3,6GHz

Grafis: Intel UHD Graphics G1 dan Nvidia GeForce MX250 VRAM 2GB GDDR5

RAM: 8GB DDR4 2666MHz, upgradeable

Storage: SSD 512GB PCIe NVMe M.2

Konektivitas: LAN, WiFi, Bluetooth

Port: 

  • Port USB 3.1 Gen1
  • Port USB 3.1 Gen1 Type-C (Data Transfer Only, 5 Gb/s signalling rate)
  • Port HDMI
  • MicroSD card reader
  • Kamera: HP Wide Vision HD Camera with integrated dual array komputerisasi microphone
  • Baterai: 41 Wh Li-ion
  • Sistem Operasi: Windows 10 Home x64

7. ASUS ROG Flow Z13

Masuk ke dalam rekomendasi laptop gaming murah dan jajaran terbaik di kelasnya, Asus ROG Flow Z13 mengantongi banyak penghargaan dalam industri teknologi. Laptop ini yaitu laptop-tablet hybrid yang didesain dengan spek gaming yang canggih. Pada seri ini, Asus mengusung layar IPS berukuran 13,4 inci dengan aspect ratio 16:10. Dengan teknologi layar sentuh dan aspect rasio 16:10, Asus ROG Flow Z13 mempunyai kwalitas Full HD dan kecepatan refresh 120Hz atau opsi 4K. Layar tersebut juga menyokong Dolby Vision dan aman diterapkan dengan pena khusus (stylus) berteknologi MPP 2.0 sebab telah terlindungi oleh lapisan Gorilla Glass. Soal warna jangan ditanya, kecermatannya sudah lulus standar dan mendapat validasi dari Pantone.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan keyboard yang dapat dilepas serta mempunyai fitur RGB backlighting. Salah satu keunggulan yang tampak dari komputer jinjing gaming ini ialah muatannya yang sungguh-sungguh ringan, cuma 1,1kg dan hanya setipis 12m.

Mengingat kesibukan gaming yang cukup berat bagi laptop, Asus menyematkan solusi pendinginan ruang uap. Ruang ini dipasangkan dengan logam cair serta Ambient Cooling 0dB yang menetapkan mesin tetap sangat tenang malahan dengan bobot penuh sekalipun. Masih banyak lagi spesifikasi dari notebook ini yang bisa Anda pertimbangkan.

Baterai: 56WHr 4-cell  fast charging 100W

Prosesor (CPU): Intel Core i9-12900H (generasi ke-12 Alder Lake)

Grafis (GPU): Nvidia GeForce RTX 3050 Ti

Port: 

  • 1 konektor Thunderbolt 4 (menunjang fitur DisplayPort 1.4 dan pengisian daya cepat    100 W)
  • 2 USB Port Type-C 
  • 1 USB Port Type-A 2.0
  • Slot microSD
  • HDMI 2.0 port
  • Audio jack 3,5mm
Exit mobile version