8 Brand Printer Paling Baik Untuk Mahasiswa

Ragam Printer yang Cocok Bagi Mahasiswa

Adleaks – Di era modern yang semakin kencang, kebutuhan beragam alat teknologi kian meningkat. Di lingkungan mahasiswa, kemajuan teknologi ini mempunyai dampak yang cukup tinggi terutama dalam pelaksanaan tugas. Pengumpulan tugas mahasiswa seringkali berupa hardfile yang memerlukan bantuan printer atau pencetak.

Alat itu cukup diperlukan oleh seorang mahasiswa sebab untuk menghemat waktu dan biaya. Karena, sekiranya mencetak berkas tugas di tempat percetakan cukup menguras biaya. Selain itu, hal tersebut juga cukup menguras waktu juga tak dapat dipercaya dikala ada kepentingan mencetak yang urgent.

Hal yang Butuh Diamati Dikala Sebelum Membeli Printer

Printer yang Cocok Bagi Mahasiswa

Saat akan membeli mesin pencetak untuk kebutuhan perkuliahan, perlu untuk menjalankan riset dahulu berhubungan dengan spesifikasinya agar tidak salah beli. Biasanya mesin pencetak menawarkan bermacam fitur, mulai dari mencetak hitam putih, berwarna, scan, hingga fotokopi.

Perlu diketahui, sebelum kamu membeli pencetak ada baiknya untuk mencari tahu terutama mengenai ragam cartridge yang digunakan. Cartridge yang pertama yaitu integrated type, yang merupakan tipe cartridge yang mempunyai satu sampai empat warna. Umumnya digunakan untuk pencetak foto kecil.

Selanjutnya, cartridge tipe split type yang mempunyai wadah tinta beragam dan dapat diisi ulang apabila salah satunya telah habis. Biaya operasional dari cartridge jenis ini cenderung lebih murah dan pantas untuk mencetak dokumen dalam kuantitas yang banyak. Berikut saran printer untuk mahasiswa.

Ragam Printer yang Cocok Bagi Mahasiswa

Printer

Pencetak yang paling biasa dan banyak digunakan di kalangan mahasiswa yaitu pencetak kertas. Ragam, perlu dikenal juga bahwa pencetak kertas juga memiliki bermacam-macam tipe. Cara pencetak, mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

  • Pencetak macam inkjet

Pencetak ini kerap digunakan, metode kerjanya yaitu dengan menyemprotkan tinta ke permukaan kertas. Kemudian akan menyusun gambar yang diinginkan dengan beragam macam warna dan hitam-putih. Biaya dari pencetak inkjet standar yakni berkisar antara 300 dpi (dots per inch).

  • Pencetak LaserJet

Jenis pencetak yang berikutnya yaitu LaserJet. Jenis progres dari pencetak ini sungguh-sungguh kencang dan cartridge-nya sanggup bertahan lebih lama. Warna yang bisa dicetak oleh pencetak ini yaitu hitam putih juga warna CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black). Biaya tinta pencetak ini relatif lebih hemat dengan hasil cetakan yang tajam.

  • Pencetak Dot Matrix

Tipe pencetak Dot Matrix menerapkan sistem melalui jarum-jarum yang menekan pita yang dapat memunculkan hasil cetakan berupa penyusunan karakter pada kertas. Hasil cetakan dari macam pencetak ini berupa spot-spot kecil dengan jumlah banyak yang menyusun suatu karakter.

  • Pencetak Dye Sublimation

Pencetak tipe selanjutnya yakni dye sublimation. Pencetak ini menerapkan gulungan film panjang berwarna merah, kuning, biru, dan abu-abu. Terdapat 4 warna dasar yang dipakai dalam pencetakan yaitu CMYK.

Saran Nama Printer yang Baik

Setelah mengetahui ragam dan hal-hal yang perlu diamati terutama sebelum membeli pencetak. Selanjutnya, ada anjuran merk pencetak baik yang bisa kamu pilih untuk menunjang proses perkuliahan anda menjadi lebih gampang.

  1. Epson L4160

Brand pencetak bagus yang pertama yaitu Epson L4160. Pencetak ini dapat mencetak dokumen beresolusi tinggi. Resolusi yang diberikan mencapai 5760 dpi. Resolusi itu menjadikan hasil cetak dokumen tajam dan memuaskan.

Kecepatan pelaksanaan pencetakan dari Epson L4160 berkisar hingga 10,5 ipm. Berikutnya dapat menghemat biaya pembelian kertas hingga 50% karena Epson L4160 ini termasuk tipe pencetak auto duplex.

  1. Brother DCP T300

Pencetak Brother seri DCP T300 adalah pencetak dengan tipe inkjet ini dapat mencetak dokumen dengan kecepatan menempuh 10 sampai 27 ppm. Adapun, output resolution dari pencetak ini berkisar antara 1200 x 6000 dpi.

Selain itu, Brother DCP T300 ini juga dapat mencetak dokumen dengan beragam jenis kertas seperti A4, A5, B5, index card, envelope, dan kertas foto. Alat ini dilengkapi dengan sebuah port USB 2.0. Dengan begitu, mempermudah kamu untuk mencetak dokumen melalui USB Drive.

  1. Canon PIXMA E3370

Canon PIXMA E3370 ialah tipe pencetak all-in-one yang berkemampuan untuk mencetak dokumen sampai 180 halaman per-cartridge dengan tinta berwarna dan 400 per-cartridge untuk tinta hitam. Selain itu, pencetak ini juga dilengkapi fitur auto duplex yang memungkinkan untuk menjalankan pencetakan dua sisi.

  1. HP Deskjet 2676

Selanjutnya ada printer terbaik HP Deskjet 2676 yang dapat kamu pilih. Selanjutnya pencetak ini bisa kamu jadikan alternatif saat berkeinginan membeli pencetak untuk membantu dalam cara kerja perkuliahan.

HP Deskjet 2676. Kecepatan pencetakan dokumen dari HP Deskjet 2676 ini berkisar antara 16 sampai 20 ppm. Hal itu berlaku untuk dokumen hitam putih atau berwarna. Disamping itu, pencetak ini juga kapabel untuk mencetak dokumen sampai 60 lembar sekali cetak dan outputnya sebanyak 25 lembar.

  1. Canon PIXMA MP287

Pencetak Canon PIXMA MP287 yang memiliki kecepatan berstandar ISO untuk kertas A4 yakni 8,4 ipm. Disamping itu, pencetak ini juga sanggup mengerjakan scanning, fotokopi, dan mencetak stiker atau foto.

  1. HP Ink Tank Wireless 419

HP Ink Tank Wireless 419, memiliki kesanggupan untuk melaksanakan pencetakan, fotokopi, dan scanning. Hasil cetakan dari HP Ink Tank Wireless 419 ini sanggup bertahan 22 kali lebih lama dengan warna yang tidak pudar dibanding pencetak lain. Hasil resolusi scanning-nya berkisar 1200 x 1200 dpi. Adapun, kecepatan mencetaknya berkisar 14 – 18 detik.

  1. Canon PIXMA MG2570S

Selain dari beberapa saran pencetak diatas. Bagi kamu yang berkeinginan membeli pencetak dengan harga murah, kamu bisa memilih Canon Pixma MG2570S. Salah satu saran printer murah terbaik yaitu Canon seri PIXMA MG2570S yang merupakan pencetak multifungsi yang bisa diaplikasikan untuk mencetak dokumen, scanning, dan fotokopi. Dibandrol dengan harga dibawah sejuta, pencetak ini memiliki kecepatan print 8.0 ipm untuk tinta hitam, dan 4.0 ipm untuk tinta berwarna.

  1. HP LaserJet Pro M12w (Rp. 850.000)

Pencetak HP LaserJet Pro M12w merupakan pencetak yang mampu untuk mengerjakan pencetakan dokumen, scanning, dan fotokopi. Dengan harga dibawah sejuta, pencetak ini memiliki kecepatan print 20 ppm untuk tinta hitam, dan untuk tinta berwarna 16 ppm.

List Harga Printer Diatas

Harga menjadi salah satu penilaian yang cukup penting untuk diamati, sebelum melaksanakan pembelian. Setelah mengetahui bermacam spesifikasi dan beraneka merk printer, berikut ini ialah daftar harganya.

Epson L4160                          : Rp. 3.650.000

Brother DCP T300                 : Rp. 2.390.000

Canon PIXMA E3370            : Rp. 1.727.000

HP Deskjet 2676                    : Rp. 1.054.000

Canon PIXMA MP287           : Rp. 1.599.000

HP  seri Ink Tank Wireless 419: Rp. 2.325.000

Canon PIXMA MG2570S      : Rp. 850.000

HP LaserJet Pro M12w           : Rp. 850.000

Exit mobile version